Kompas.com - 06/09/2016, 09:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda mungkin pernah bertanya-tanya tentang kualitas obat bermerek dibandingkan versi generik.

Walau sebagian besar obat paten dinilai memiliki kandungan yang lebih baik, untuk beberapa jenis obat berikut ini, versi generik yang lebih murah memiliki kandungan dan kemampuan yang sama persis dengan obat paten yang lebih mahal.


Obat penghilang rasa sakit

Menurut Dr Sarah Jarvis, tidak layak untuk menghabiskan banyak uang untuk membeli obat penghilang rasa sakit versi bermerek yang dijual di pasaran.

Umumnya, obat-obat penghilang rasa sakit dengan harga mahal mengandung bahan-bahan yang sama dengan versi generik. Anda membayar lebih mahal, hanya karena biaya ekstra untuk kemasan yang bagus.

Versi bermerek kadang memiliki formulasi yang lebih disukai oleh banyak orang, seperti tablet yang mudah mencair di lidah, rasa yang kurang pahit, atau mudah ditelan, misalnya.

“Hanya saja, beberapa versi bermerek ibuprofen memang berisi dosis yang berbeda ketimbang versi generik, yang artinya mampu menghilangkan nyeri yang lebih cepat. Namun, Anda sebenarnya dapat merasakan manfaat yang sama dari versi generik dengan dosis yang disetarakan,” kata Jarvis.


Obat batuk dan pilek

"Seperti kebanyakan dokter, saya hampir tidak pernah meresepkan obat batuk dan saya tidak sering merekomendasikan pasien untuk sering-sering mengonsumsi obat batuk kecuali pasien butuh ketenangan untuk beristirahat, "papar Dr Sarah Jarvis.

“Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan, sebaik apa obat batuk bekerja meskipun umumnya aman. Terlebih, obat batuk tidak harus diberikan kepada anak di bawah usia enam tahun.”

Beberapa obat pilek dan flu memang berbeda satu sama lain dalam hal kandungan. Kebanyakan mengandung parasetamol, beberapa mengandung pseudoefedrin atau phenylephedrine, yang berguna untuk menghilangkan hidung tersumbat.

Namun, itu tidak berarti bahwa produk bermerek yang lebih mahal akan secara signifikan membuat Anda lebih baik. Memilih obat batuk generik tidaklah buruk.

Bila batuk dan pilek tak kunjung reda lebih dari 7 hari, sebaiknya minta rekomendasi obat kepada dokter. Bahkan, saat meminta obat dari dokter, Anda juga bisa meminta versi generiknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.