Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2016, 22:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Hal-hal yang kadang dianggap kecil, nyatanya bisa memberi pengaruh besar pada baik atau buruknya mood Anda setiap hari.

Warna

Warna memengaruhi cara kita merasa. Studi menunjukkan, warna biru biasanya terkait dengan perasaan tenang dan fokus, sedangkan merah memberi hawa menyegarkan dan aktif.

Jadi, bijaksanalah dalam memilih warna Anda, baik di rumah maupun tempat kerja.

Pil KB

Studi menunjukkan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi pil KB, dua kali lebih mungkin mengalami depresi ketimbang wanita yang tidak mengonsumsi.

Hal ini dinilai terkait dengan perubahan hormonal yang disebabkan oleh pil KB maupun KB suntik.

Mood pasangan

Psikoterapis Dr. Fran Walfish mengatakan, "Secara sadar atau tidak sadar, kita memiliki radar laser yang tajam untuk menyamakan dan menyerap getaran emosi yang dirasakan oleh pasangan. Apakah pasangan kini sedang stres atau bahagia? Mood itu bisa jadi memengaruhi Anda juga.”

Pilihan makanan

Kesehatan mental dapat dipengaruhi oleh makanan yang Anda makan. Konsumsi makanan olahan dan gula yang tinggi, lebih mungkin untuk membuat Anda merasa kurang bersemangat, dibandingkan makanan yang tinggi sayur. Jadi, ketahui dengan benar apa yang Anda makan!

Cuaca

Merasa sedih ketika hujan? Itu bukan sepenuhnya salah Anda. Sinar matahari menyediakan serotonin, sebuah neurotransmiter yang dapat meningkatkan suasana hati; sehingga sinar matahari secara harfiah terkait dengan kebahagiaan Anda.

Itu sebabnya, cuaca ekstrim, dari panas ke hujan, dapat menyebabkan Anda lesu, membuat Anda kurang bersemangat dan minim motivasi.

Suhu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com