Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Psoriasis, Penyakit Kulit yang Bikin Kulit Bersisik

Kompas.com - 29/10/2016, 17:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Psoriasis barangkali terdengar asing dan kurang populer dibanding penyakit lainnya. Tapi setidaknya, psoriasis mulai dikenal setelah Kim Kardashian mengaku terkena penyakit ini. Bertepatan dengan Hari Psoriasis Sedunia, mari kita mengenal tentang penyakit ini.

Kepala Divisi Dermatologi Pediatrik Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin RSCM/FKUI, dr. Githa Rahmayunita, SpKK menjelaskan, psoriasis adalah penyakit kulit akibat autoimun. Seperti penyakit autoimun lainnya, hingga saat ini penyebabnya tidak diketahui pasti.

"Tapi yang jelas terjadi pembelahan dan pematangan sel kulit yang lebih cepat dibanding sel kulit normal," kata Githa dalam acara peringatan Hari Psoriasis Sedunia di Jakarta, Sabtu (29/10/2016).

Psoriasis ditandai dengann munculnya bercak merah bersisik. Ada berbagai jenis psoriasis berdasarkan bentuk dan luas penyebarannya, antara lain psoriasis vulgaris berupa plak, psoriasis gutata berbentuk tetesan, psoriasis inversa yang muncul di lipatan kulit, psoriasis pustulosa yang berbentuk jerawat, dan psoriasis eritoderma, yaitu berwarna kemerahan dan bersisik di seluruh badan.

Psoriasis bersifat menahun. Artinya, pasien akan memiliki penyakit ini seumur hidupnya. "Tetapi bisa terjadi remisi dan kambuh kembali tanpa penyebab yang jelas. Dengan pengobatan yang tepat penyakit dapat dikontrol," lanjut Githa.

Dikutip dari WorldPsoriasisDay.com, prevalensi psoriasis di dunia mencapai 125 juta jiwa. Di Indonesia, belum ada data pasti pasien psoriasis. Namun, Departemen Kulit dan Kelamin RCSM/FKUI mencatat 71 kasus baru psoriasis tahun 2015.

Penyakit ini lebih sering ditemui pada usia 15-30 tahun. Akan tetapi, sekitar 10 persen muncul pada usia kurang dari 10 tahun.

Bukan penyakit menular

Githa menegaskan, psoriasis bukan penyakit menular. Hanya saja, pasien kerap merasa malu karena penyakit ini terlihat jelas di kulit. Meski bukan tergolong penyakit yang mematikan, psoriasis bisa berdampak pada kehidupan sosial ekonomi pasiennya.

Pasien bisa merasa kurang percaya diri, mengalami gangguan tidur, kesulitan kehidupan pekerjaan, hingga bisa saja menjadi depresi. Untuk itu, sangat dibutuhkan dukungan dari keluarga, orang terdekat, dan orang sekitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com