Kompas.com - 06/12/2016, 16:15 WIB
Aneka jenis kacang-kacangan. ThinkstockphotosAneka jenis kacang-kacangan.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Orang yang makan 20g kacang panggang setiap hari, atau sekitar satu genggam kacang, memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penyakit berbahaya.

Jadikan kacang panggang sebagai camilan rutin untuk dapat mengurangi risiko penyakit jantung hampir 30 persen, kanker sebesar 15 persen, kematian dini sebesar 22 persen, diabetes 40 persen, bahkan kematian akibat penyakit pernapasan sebesar 50 persen.

Peneliti Dagfinn Aune, dari Imperial College London, mengatakan, "Kami menemukan adanya penurunan yang konsisten dalam risiko penyakit berbahaya yang berbeda, yang merupakan indikasi kuat bahwa ada hubungan yang nyata antara konsumsi kacang dan hasil kesehatan yang berbeda.”

Aune menilai, ini merupakan efek yang cukup besar dari sejumlah kecil makanan. “Hanya satu genggam setiap hari,” katanya.

Untuk mendapatkan hasil ini, peneliti melibatkan puluhan orang yang rutin makan semua jenis kacang dan mempelajari efeknya pada kesehatan jangka panjang. Kacang-kacangan dinilai mampu melawan stres oksidatif, yang menjadi salah satu pemicu kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X