Kompas.com - 18/12/2016, 10:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

 JAKARTA, KOMPAS.com - Gigi susu merupakan gigi yang pertama kali tumbuh pada bayi. Umumnya, gigi susu mulai muncul pada usia 5 bulan. Hanya sedikit kasus yang sudah muncul pada usia 3 bulan atau bahkan terlambat sampai usia 1 tahun.

Nah, biasanya anak pun menunjukkan tanda-tanda ketika gigi susunya mau tumbuh. Apa saja itu?

Dokter Gigi Meil Yusra mengungkapkan, tanda umumnya antara lain, anak rewel, pengeluaran air liur lebih banyak dari biasanya, dan anak suka mengigit jari maupun mainan.

"Bayi jadi suka menangis enggak jelas sebabnya. Ketika pengeluaran air liur banyak, bayi juga bisa jadi batuk-batuk," jelas Meil dalam diskusi kesehatan anak di Brawijaya Clinic, Jakarta Selatan, Sabtu (17/12/2016).

Sementara itu, bayi menjadi suka menggit jari karena daerah gusi yang gatal ketika gigi susu akan tumbuh. Bayi bisa diberikan mainan yang steril untuk ia gigit.

Tanda lainnya, bayi bisa mengalami diare, demam tinggi secara tiba-tiba tapi tidak berlangsung lama, menolak untuk makan, lemas, hingga hematoma gusi atau bagian gusi terlihat membengkak.

Meil menjelaskan, anak menjadi malas makan karena gusinya terkadang terasa sakit. Masalah ini bisa menyebabkan berat badan anak menurun.

Kondisi tersebut masih wajar terjadi pada anak yang gigi susunya akan tumbuh. Namun, jika berat badan turun drastis atau tidak kembali seperti semula, lebih baik segera konsultasi ke dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.