Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/12/2016, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Terdiagnosis tekanan darah tinggi adalah tanda yang jelas bahwa kemungkinan besar selama ini pola makan Anda kelebihan konsumsi garam.

Hipertensi bukanlah satu-satunya alasan untuk mengurangi asupan garam. Ketika tubuh mengalami kelebihan garam, sebenarnya ia mengirimkan sinyal berupa gangguan kesehatan, namun kita sering mengabaikannya.

Ketahui apa saja tanda-tanda tubuh kelebihan konsumsi garam:

- Cincin terasa sempit
Rasanya jarum timbangan tidak berubah, namun mengapa belakangan ini cincin yang sehari-hari dikenakan jadi terasa sempit? Kemungkinannya adalah jari sedikit bengkak karena adanya retensi cairan, yang dipicu oleh kelebihan garam.

"Tubuh kita adalah mesin yang kompleks yang harus menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit," kata Dr.Mehran Movassaghi.

Ia menambahkan, mengonsumsi kelebihan sodium akan membuat otak melepaskan hormon yang memerintahkan tubuh untuk menahan cairan sebanyak mungkin sebagai cara menjaga keseimbangan.

- Mulut terasa kering
Setelah mengonsumsi makanan yang mengandung sodium tinggi, tubuh akan merasa ada ketidakseimbangan antara garam dan air. Untuk mengembalikan kondisi normal, kita membutuhkan lebih banyak konsumsi air sehingga otak mengirim sinyal haus.

- Kepala berat
Anda mungkin tak mengira sebungkus keripik yang baru habis dikunyah berkaitan dengan serangan sakit kepala. Penelitian menunjukkan, orang dewasa yang mengasup 3.500 mg sodium setiap hari beresiko mengalami sakit kepala tiga kali lebih sering dibanding orang yang mengonsumsi garam separuhnya.

Ada kaitan kuat antara hipertensi dengan sakit kepala. Namun, orang yang mengonsumsi banyak garam cenderung mengalami sakit kepala walau tekanan darahnya normal.

- Sering ke toilet
Banyak minum bukan satu-satunya penyebab kita jadi sering buang air kecil. Mengonsumsi kelebihan garam juga menyebabkan efek serupa. Ini karena ginjal harus bekerja keras mengeluarkan kelebihan garam sehingga pipis pun menjadi lebih sering.

- Sulit berpikir
Kebanyakan konsumsi garam akan menyebabkan tubuh dehidrasi yang akhirnya memicu kemampuan berpikir berkurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com