Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Campuran Krimer Instan Hilangkan Manfaat Sehat Kopi

Kompas.com - 30/12/2016, 15:37 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Campuran krimer memang membuat kopi terasa lebih nikmat di lidah. Sayangnya, krimer instan bukanlah pilihan sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

Kopi memiliki sederet manfaat yang telah terbukti secara ilmiah. Mulai dari meningkatkan level energi, mempertajam daya ingat, meningkatkan metabolisme lemak, bahkan melindungi dari penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer,” papar Mowry, MD, dari Johns Hopkins Medicine.

Sayangnya, manfaat kopi bisa tertutupi oleh campuran krimer instan. Kebanyakan krimer kopi yang dibeli di toko tidak benar-benar dibuat dengan krim. Sebaliknya, krimer kaya akan zat pengental dan pengemulsi seperti karagenan yang diduga menyebabkan peradangan dan masalah pencernaan.

Pengental saja tidak bisa membuat krimer instan terasa gurih, sehingga minyak terhidrogenasi parsial atau nama lain dari lemak trans dibutuhkan untuk menciptakan rasa layaknya krim sungguhan.

Lemak yang diproses benar-benar berbahaya bagi kesehatan, karena meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk penyakit jantung.

Belum lagi, beberapa produsen kerap mengandalkan pemanis palsu seperti sucralose yang dapat menyebabkan gula darah meningkat dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Itu sebabnya, kebanyakan ahli menyarankan untuk menghindari krimer instan.

Tapi bagi Anda yang tak suka rasa kopi hitam yang pekat, masih ada pilihan yang lebih sehat untuk membuat rasa kopi lebih creamy. Anda dapat menambahkan susu full cream atau krim sungguhan. Anda dapat pula menggunakan santan kental matang bila ingin kopi terasa lebih gurih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com