Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/01/2017, 11:50 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Kanker perut barangkali kurang populer dibanding jenis kanker lainnya, seperti kanker payudara atau kanker paru. Namun, ketahuilan, sel-sel kanker bisa tumbuh di mana saja, termasuk di perut. Kanker perut terkadang juga disebut kanker lambung.

Kanker ini cukup jarang ditemui, kecuali bila kanker telah menyebar ke organ lain dan salah satunya yaitu ke perut.

Kenali beberapa gejala munculnya sel kanker di perut. Sama seperti jenis kanker lainnya, apabila ditemukan lebih dini, tingkat kesembuhan pun akan lebih tinggi. Berikut gejala kanker perut seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Gangguan pencernaan
Apabila sering mengalami gangguan pencernaan yang parah, kemudian disertai sensasi panas atau terbakar di perut, bisa jadi tanda penyakit serius, termasuk kanker. Cek kondisi Anda ke dokter.

2. Nyeri di perut
Terasa nyeri terus-menerus atau rasa yang tidak nyaman di perut jangan dibiarkan begitu saja. Bila rasa nyerinya menetap lebih dari satu minggu segera periksakan ke dokter. Kondisi itu bisa jadi gejala paling umum dari kanker perut.

3. Mual dan muntah
Konsumsi makanan tertentu memang bisa membuat Anda mual dan muntah. Namun, apabila setiap konsumsi makanan apapun Anda selalu mual dan muntah, jangan diabaikan.

4. Diare atau sembelit
Diare maupun sembelit sangat umum terjadi pada siapapun. Akan tetapi, dua kondisi ini juga bisa menjadi tanda-tanda peringatan kanker perut karena terganggunya sistem pencernaan.

5. Perut kembung
Perut kembung setiap kali habis makan merupakan gejala umum gangguan pencernaan. Waspadai adanya kemungkinan kanker jika ada riwayat dalam keluarga.

6. Kehilangan napsu makan
Kehilangan napsu makan secara tiba-tiba, mungkin karena perut yang tidak enak, perlu Anda waspadai sebagai kemungkinan adanya masalah di perut.

7. Kelelahan
Merasa sangat lelah atau lemah meski tidak melakukan pekerjaan fisik yang berat juga gejala umum dari kanker, termasuk kanker perut. Kelelahan sering kali dianggap hal biasa di tengah rutinitas sehari-hari.

8. Perdarahan
Apabila sampai terjadi perdarahan, ini adalah jelas masalah serius pada lambung atau perut Anda. Muntah darah hingga tinja berdarah bukan masalah sepele. Segera periksa ke dokter jika mengalami kondisi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com