6 Penyakit Kulit yang Bisa Terjadi Saat Berolahraga

Kompas.com - 06/01/2017, 10:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Olahraga memang bagus untuk tubuh Anda. Tapi, beberapa kesalahan tertentu dapat menyebabkan ruam di kulit Anda, bahkan lebih parah lagi. Berikut adalah kesalahan yang umum dilakukan penggemar olahraga yang bisa mengganggu kesehatan kulit.

1. Infeksi kulit akibat peralatan gym yang kotor

Begitu banyak orang yang menggunakan mesin latihan yang sama setiap hari, kuman dan bakteri pun mudah menyebar dan dapat menyebabkan infeksi kulit.

Cara mengatasinya: "Bila mungkin, bersihkan peralatan gym sebelum Anda menggunakannya, terutama di bagian yang bersentuhan langsung dengan kulit Anda. Jangan pernah menyentuh wajah sampai tangan Anda telah dicuci bersih," kata Joel Schlessinger, MD, seorang dokter kulit dan konsultan di majalah kesehatan RealSelf.

Menyentuh peralatan gym kemudian menyentuh wajah, dapat membuat bakteri berpindah tempat dan menyebabkan jerawat, bahkan infeksi.

2. Ruam yang disebabkan oleh latihan di cuaca panas

Panas dan lembab dapat menyebabkan saluran keringat terblokir dan membengkak, sehingga menyebabkan ruam.

"Ruam karena panas biasanya berbentuk titik-titik merah yang terlihat mirip dengan jerawat. Ruam ini paling umum terjadi di sekitar lipatan kulit dan daerah di mana pakaian dan kulit paling sering bergesekan," kata Schlessinger.

Cara mengatasinya: Saat berolahraga di luar ruang, beristirahatlah beberapa kali di tempat teduh, atau sebaiknya di tempat yang ber-AC. Kenakan pakaian yang menyerap keringat dan lakukan rehidrasi dengan meminum banyak air.

"Terapkan kompres dingin untuk setiap bagian tubuh yang berpotensi ruam untuk membantu mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan," saran Schlessinger.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X