Kompas.com - 07/01/2017, 13:18 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) dikenal sebagai metode diet yang menyehatkan. Manfaat utama dari diet ini adalah untuk menurunkan risiko hipertensi hingga penyakit jantung.

Tak heran jika diet DASH selalu 7 tahun berturut-turut selalu terpilih sebagai diet terbaik versi US News & World Report.

Lalu, seperti apa aturan makan dalam diet DASH? Spesialis penurunan berat badan dan pemerhati gaya hidup dari Klinik Lighthouse Jakarta, Dr. Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt, menjelaskan ciri khas diet DASH adalah membatasi asupan garam. Dalam sehari asupan garam tak boleh lebih dari 2300 mg atau setara satu sendok teh.

"Garam kalau terlalu tinggi kan enggak baik untuk kesehatan jantung dan bisa hipertensi," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (6/1/2017).

Grace mengatakan, diet ini juga menganjurkan kita pantang konsumsi keripik asin, aneka kue yang dibuat dengan pengembang kue, hingga junk food, karena rata-rata makanan tersebut tinggi sodium.

"Rasa asin dari garam bisa diganti dengan kaldu atau penyedap alami dari daun-daunan. Kalau di Indonesia mungkin bisa dengan daun jeruk atau sereh," kata Grace.

Kemudian, diet DASH juga merekomendasikan asupan tinggi serat, daging, ikan, sayur dan buah-buahan, kacang-kacangan, hingga minyak yang sehat.

Di Amerika Serikat, porsi diet DASH per hari hanya sekitar 1200-1600 kalori sehingga membantu penurunan berat badan.

Menu diet DASH pun sudah dihitung kandungan sodiumnya sehingga sesuai dengan batasan yang dianjurkan

Grace mengatakan, untuk di Indonesia, menu yang mirip dengan diet DASH misalnya, makan pagi dengan telur dadar, keju rendah lemak, dan sayuran. Kemudian makanan camilannya dengan yogurt rendah lemak dan buah.

Untuk makan siangnya, bisa dengan nasi merah, ayam atau ikan dengan sedikit minyak, dan sayuran. "Kalau karbohidrat pilih yang memiliki indeks glimkemik rendah," kata Grace.

Makanan camilan kedua atau camilan siang misalnya buah-buahan dan kacang edamame. Untuk makan malamnya, sama seperti menu makan siang, yaitu ikan atau ayam, atau tahu dan tempe, sayuran, dan nasi merah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.