Kompas.com - 28/02/2017, 21:00 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Jika kelelahan serta kecemasan kerap membuat Anda terjaga di malam hari, selimut berbahan dingin dan tebal dapat membantu Anda menuju ke alam mimpi lebih cepat.

Dua penelitian yang diterbitkan dalam Occupational Therapy menunjukkan, bahwa terbalut selimut dengan bahan yang sedikit tebal ketimbang selimut tipis dapat membantu seseorang dengan gangguan kecemasan untuk tidur lebih cepat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Australasian Psychiatry juga menegaskan hal yang sama.

Para ilmuwan juga menemukan, bahwa selimut tebal bisa membantu orang dengan gangguan kecemasan, ADHD, dan autisme, atau bahkan insomnia untuk bisa tidur lebih cepat.

Penulis studi Tina Champagne dari University of Massachusetts-Amherst mengatakan, “Selimut membantu sekitar 75 persen dari orang yang kerap alami sulit tidur untuk bisa tidur lebih cepat bahkan lelap.”

Mengapa demikian? Sebab selimut dengan bobot tertentu dapat menghadirkan sensasi pelukan, sehingga secara psikologis seseorang menjadi lebih tenang dan mudah tertidur.

Walau demikian, studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics yang melibatkan 63 anak usia 5 sampai 16 tahun menemukam, tidur dengan selimut tebal maupun tipis tidak berpengaruh banyak terhadap kualitas tidur anak.

Namun, sebagian besar anak-anak dan orang tua melaporkan lebih merasa nyaman saat menggunakan selimut yang lebih tebal.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber dr oz

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.