Kompas.com - 02/03/2017, 09:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Membeli salad yang sudah dikemas tentu lebih praktis ketimbang membuatnya sendiri. Namun, bolehkah mengonsumsi salad kemasan tanpa mencucinya?

Jika Anda membeli salad kemasan di kafe atau restoran, umumnya salad yang dijual sudah melalui tahap pencucian.

Sedangkan bila Anda membelinya di pasar swalayan, Anda perlu memperhatikan labelnya, apakah ada keterangan sudah dicuci atau belum. Bila sudah, Anda tidak perlu mencucinya lagi.

Jika masih ragu, Anda bisa mencucinya dengan air matang. "Namun, pastikan tangan Anda sudah dicuci bersih sebelum memegang daun salad sebab kemungkinan tertularnya penyakit E. coli atau salmonella saat konsumsi salad hijau kemungkinan besar berasal dari tangan yang 'tercemar'," kata Luke Laborde, Ph.D., seorang profesor ilmu makanan di Penn State University.

"Tangan Anda sangat mungkin tercemar bakteri tersebut saat memegang anak-anak yang memiliki banyak kuman karena bermain di luar ruangan, hewan peliharaan, atau talenan yang baru saja digunakan untuk memotong daging mentah," kata Laborde.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.