Kompas.com - 07/03/2017, 21:27 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Jika Anda bertekad untuk menurunkan berat badan, memilih makanan sehat dan menghitung kalori bisa menjadi caranya. Tetapi memangkas kalori terlalu banyak bukanlah kunci sukses penurunan berat badan.

American College of Sports Medicine merekomendasikan bahwa perempuan harus makan setidaknya 1.200 kalori per hari, dan laki-laki harus makan setidaknya 1.800 kalori per hari.

Pada awalnya tubuh akan menyesuaikan asupan kalori rendah tersebut dengan mengaktifkan respon stres.

Respon stres akan merangsang pemecahan otot untuk memasok tubuh dengan bahan bakar yang cukup (glukosa) untuk mempertahankan kadar gula darah.

Meski Anda akan melihat penurunan berat badan yang cukup banyak (lebih dari 2 kilogram) hanya dalam waktu 1 minggu, sayangnya respon stres dapat menjadi aus, sehingga kemudian tubuh akan memperlambat tingkat metabolisme untuk mengatasi “kelaparan”.

Metabolisme yang lambat ini kemudian akan membuat berat badan sulit turun kembali, walau Anda telah memotong banyak kalori. Sebaliknya, akan mudah membuat Anda gemuk saat kembali ke porsi awal.

“Singkatnya, ada tiga pedoman untuk penurunan berat badan aman dan efektif,” kata dr. Nicole, dokter bersertifikat di Southern California.

“Aktivitas fisik, perubahan bertahap dalam kebiasaan makan (baik dalam pilihan bahan makanan dan pengurangan porsi) dan penurunan berat badan lambat namun stabil yaitu sekitar 0,5-1 kilogram per minggu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.