Kompas.com - 13/03/2017, 21:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Protein adalah nutrisi yang sangat vital bagi tubuh. Protein berguna untuk membangun sel dan jaringan otot tubuh.

Untungnya, ada banyak makanan sumber protein sehingga kita tidak akan mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuan kita terhadap protein.

Meski demikian, tidak semua orang memahami aturan mengonsumsi protein dengan benar. Akibatnya, sering terjadi kesalahan yang mengakibatkan tidak optimalnya tujuan mengasup protein itu sendiri.

Inilah empat kesalahan yang paling sering terjadi dalam upaya memenuhi jumlah asupan protein,menurut ahli nutrisi Rania Batayneh, M.P.H., pemilik firma konsultasi nutrisi, Essential Nutrition For You.

1. Mengasup protein dari sumber yang sama setiap hari

Salah satu tujuan mengonsumsi protein adalah agar kita mendapatkan sembilan jenis asam amino esensial yang banyak ada di makanan sumber protein. Setiap sumber protein memiliki jenis asam amino, vitamin, mineral yang berbeda-beda.

Jika Anda hanya tergantung pada satu, dua, atau tiga sumber saja maka diragukan Anda bisa memenuhi kebutuhan akan sembilan jenis asam amino esensial.

Variasikan sumber protein Anda dengan mengonsumsi ikan, daging, daging unggas, telur, kacang-kacangan seperti kedelai, dan sesekali bisa mengonsumsi yogurt.

2. Tidak tahu jumlah yang dibutuhkan

Kebutuhan protein harian setiap orang berbeda-beda tergantung pada berat badan dan aktivitasnya. Menghitung berapa kebutuhan protein harian Anda, tidaklah sulit.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.