Kompas.com - 21/12/2019, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Penyakit jantung menjadi salah satu dari penyebab kematian terbanyak di dunia.

Penyakit ini bisa dialami oleh siapapun tanpa mengenal latar belakang.

Hari Kamis (19/12/2019), kepala desa di Kabupaten Bogor yang baru menjabat tujuh jam meninggal dunia karena penyakit jantung yang dideritanya.

Di hari yang sama, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Adian Napitupulu mengalami kolaps saat melakukan penerbangan yang juga disebabkan oleh penyakit jantung.

Jantung merupakan organ penting yang benar-benar harus kita jaga kesehatannya.

Sayangnya, menerapkan pola makan yang baik dan olahraga yang teratur saja tak cukup untuk menjaga kesehatan jantung kita.

Gejala serangan jantung saat tidur, seperti nyeri dada dan muncul keringat dingin penting dikenali untuk dapat dikonsultasikan segera dengan dokter.

Menurut Marc Gillinov, Ketua Departemen Bedah Thoracic dan Kardiovaskular Cleveland Clinic, merekomendasikan lima hal yang perlu kita lakukan setiap hari untuk membantu jantung agar selalu sehat dan berfungsi maksimal.

Baca juga: Adian Napitupulu Sempat Kolaps, Bahayakah Penerbangan bagi Penderita Penyakit Jantung?

Berikut lima hal yang harus kita lakukan setiap hari demi jantung sehat :

1. Konsumsi lemak sehat

Lemak juga termasuk dalam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun, hindarilah mengonsumsi lemak trans karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung atau terserang stroke seumur hidup.

Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga arteri tersumbar.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.