Nyeri Punggung Terasa Mengganggu, Atasi dengan 6 Cara Berikut

Kompas.com - 19/01/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi ChesiireCatIlustrasi

KOMPAS.com - Nyeri punggung merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan.

Gangguan nyeri punggung ini ditandai dengan perasaan tidak nyaman atau nyeri di bagian tulang punggung.

Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan, salah satu sakit punggung yang banyak dikeluhkan adalah nyeri punggung bawah akibat inflamasi atau peradangan.

Kondisi ini sering dijumpai pada orang berusia 25 sampai 45 tahun.

Ahli rematik Mohamad Bittar, MD dari University of Tennessee Health Science Center di Memphis, AS, nyeri punggung bisa diatasi dengan pengobatan.

Biasanya, dokter meresepkan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID).

"Ketaatan pasien pada terapi medis sangat penting untuk menghindari komplikasi serius," katanya, seperti dilansir Everyday Health.

Baca juga: Pilih Kasur dan Bantal dengan Tepat Bisa Sembukan Nyeri Punggung

Bittar menyebut komplikasi nyeri punggung bisa menyebabkan kelainan bentuk tulang belakang, patah tulang, dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain pengobatan, orang yang mengalami nyeri punggung juga perlu mengatur aktivitas sehari-hari. Berikut cara mengatasi nyeri punggung agar tak kambuh lagi:

1. Latihan pernapasan dalam

Latihan pernapasan dalam dapat meningkatkan kapasitas paru-paru.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X