3 Penyakit Ini Mengintai Jika Anda Tidak Pakai Jaket Saat Berkendara

Kompas.com - 21/01/2020, 21:05 WIB
Ilustrasi berkendara saat bulan puasa. ISTIMEWAIlustrasi berkendara saat bulan puasa.

KOMPAS.com - Jika Anda pernah diingatkan oleh orangtua, pasangan, atau teman untuk senantiasa menggunakan jaket saat berkendara sepeda motor, lebih baik ikuti saja saran itu.

Apapun alasan yang disampaikan oleh mereka, menggunakan jaket saat berkendara nyatanya bisa mencegah timbulnya beragam penyakit.

Dokter RS PKU Muhammadiyah Surakarta, dr. Dien Kalbu Ady, menerangkan korelasi antara pentingnya menggunaan jaket saat berkendara dengan risiko serangan penyakit.

Alami kedinginan

Dia menjelaskan, orang yang tidak menggunakan jaket berisiko mengalami kedinginan sehingga sistem imun bisa turun.

Dalam kondisi daya tubuh yang sedang melemah itu, berbagai jenis virus dan bakteri akhirnya gampang menyerang.

Baca juga: Jangan Sembarangan Ambil, Ini Porsi Ideal Nasi Sekali Makan

"Kalau tidak pakai jaket, orang akan kedinginan sehingga sistem imun bisa turun," jelas Dien saat diwawancara Kompas.com, Selasa (21/1/2020).

Dien mengungkapkan jika sistem imun dalam kondisi baik, seseroang bisa jadi tak akan sakit walaupun bakteri atau virus masuk ke dalam tubuh.

Dia membeberakan sejumlah penyakit yang mungkin muncul sebagai bahaya dari tidak menggunakan jaket saat berkendara, di antaranya:

1. Masuk angin

Masuk angin bukanlah suatu nama penyakit. Masuk angin hanya sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keluhan demam, menggigil, nyeri otot, pegal-pegal, termasuk perut kembung.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X