Cara Pakai Hand Sanitizer untuk Cegah Penularan Infeksi Virus Corona

Kompas.com - 28/01/2020, 11:55 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Merebaknya wabah virus corona baru asal Wuhan, China, membuat sejumlah orang mencari cara mencegah penularan infeksi virus biang pnemonia itu.

Beberapa cara mencegah terinfeksi virus corona adalah lewat menjaga daya tahan tubuh dan menghindari kontak langsung dengan penderita penyakit.

Ada juga imbauan tidak menyentuh area mata, hidung, dan mulut saat tangan tidak dalam kondisi bersih.

Baca juga: Cara Pakai Masker untuk Cegah Penularan Infeksi Virus Corona

Selain itu, Anda disarankan menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun, atau menggunakan hand sanitizer (antiseptik tangan).

Lantas, benarkah hand sanitizer atau antiseptik tangan benar-benar ampuh mencegah virus corona?

Hand sanitizer untuk mencegah virus corona

Melansir Huffington Post, Wuhan coronavirus atau 2019 novel coronavirus (2019-nCoV), merupakan virus pernapasan serupa dengan virus flu karena dapat menyebar lewat udara.

Cairan atau gel pembersih tangan antiseptik (hand sanitizer) berbasis alkohol dapat mencegah penularan virus corona dan penularan infeksi virus lainnya.

Namun, perhatikan kandungan alkohol dalam hand sanitizer untuk membasmi kuman.

Baca juga: Sama-sama Virus Corona: Perbedaan SARS, MERS, dan Pneumonia Wuhan

Hand sanitizer berkadar alkohol 60 atau 70 persen disebut baru efektif mencegah infeksi kuman baik virus, bakteri, maupun jamur.

Menurut Profesor James Scott dari University of Toronto, Kanada, AS, hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60 sampai 70 persen lebih baik daripada 100 persen.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X