Cuci Tangan Pakai Air Dingin atau Air Hangat, Mana yang Lebih Baik?

Kompas.com - 06/04/2020, 18:01 WIB
Wastafel untuk para penghuni Rukita mencuci tangan secara rutin Dok. RukitaWastafel untuk para penghuni Rukita mencuci tangan secara rutin

KOMPAS.com – Pendemi Covid-19 membuat orang-orang dianjurkan rajin cuci tangan untuk mencegah infeksi virus corona.

Cuci tangan tersebut bisa dilakukan dengan cairan pembersih tangan berbasis alkohol atau dengan air bersih yang mengalir dan sabun.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam laman resminya, who.int, menyatakan mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun cukup efektif untuk mencegah Covid-19.

Baca juga: Dokter: Masker Hanya Efektif jika Diiringi Kebiasaan Cuci Tangan

Dalam kasus ini, beberapa dari Anda mungkin menyimpan pertanyaan mengenai lebih baik mana antara mencuci tangan dengan air dingin atau air hangat?

Banyak orang mungkin berpikir bahwa cuci tangan dengan air hangat akan lebih efektif karena paparan suhu panas selama ini dianggap bisa membunuh bakteri maupun virus.

Namun, Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Dr. dr. Prasetyadi Mawardi, Sp.KK (K), berpendapat lain.

Menurut dia, cuci tangan dengan air dingin maupun air hangat bisa sama-sama ampuh membunuh kuman asal dilakukan dengan air bersih yang mengalir dan sabun.

Selain itu, cuci tangan tak boleh dilaksanakan dengan tergesa-gesa.

dr. Pras juga juga menjadi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD Dr. Moewardi Surakarta tersebut menjelaskan, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebaiknya dilakukan minimal selama 20 detik.

Durasi itu penting diperhatikan karena sabun membutuhkan waktu untuk mengangkat kuman-kuman di tangan untuk dibuang bersama aliran air.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X