Tips Memilih Masker Kain Nonmedis untuk Cegah Virus Corona

Kompas.com - 06/04/2020, 13:50 WIB
Masker kain SHUTTERSTOCKMasker kain

KOMPAS.com - Pemerintah menganjurkan semua orang menggunakan masker untuk menekan penyebaran virus corona.

Masker medis atau masker bedah sekali pakai diprioritaskan bagi pekerja medis dan orang sakit.

Sedangkan masyarakat disarankan menggunakan masker kain atau masker nonmedis saat keluar rumah.

Penggunaan masker ini penting untuk mencegah penularan Covid-19, terutama dari penderita yang terinfeksi virus corona tanpa gejala atau bergejala ringan.

Baca juga: Cara Membuat Masker Kain Nonmedis Kurang dari 20 Menit

Menyusul imbauan pemerintah dan sejumlah otoritas kesehatan resmi dari berbagai negara untuk menggunakan masker, belakangan jamak beredar cara membuat masker.

Ada yang sederhana dengan memanfaatkan kaus, bandana, sampai syal tanpa dijahit.

Beberapa membuat masker kain menggunakan mesin jahit dengan beragam model atau desain.

Agar Anda tak bingung memilih model masker kain, bahan masker kain, hingga cara perawatannya. Berikut panduan memilih masker kain berdasarkan rekomendasi ahli:

Gunakan masker dengan cara yang benar

Masker dapat melindungi seseorang dari penyakit yang menular lewat saluran pernapasan, termasuk infeksi virus corona, saat digunakan dengan benar.

Anda perlu membersihkan tangan sebelum dan sesudah menggunakan masker, menggunakan masker dan jangan menyentuh bagian depan, dan pastikan mulut dan hidung tertutup.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X