Berenang Bisa Jadi Metode Atasi Depresi, Kok Bisa?

Kompas.com - 02/08/2020, 15:03 WIB
Ilustrasi berenang shutterstockIlustrasi berenang

KOMPAS.com - Depresi bukanlah sekadar perasaan sedih biasa. Gangguan suasana hati ini bisa menganggu aktivitas sehari-hari bahkan memicu keinginan bunuh diri.

Menurut American Psychiatric Association, depresi adalah penyakit medis umum dan serius yang memengaruhi secara negatif perasaan, cara berpikir, dan perilaku.

Depresi menyebabkan perasaan sedih atau kehilangan minat pada aktivitas yang disukai. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah emosional dan fisik yang dapat menurunkan produktifitas seseorang.

Melansir laman healthlie, depresi juga bisa memicu sejumlah penyakit kronis seperti kanker, obesitas, diabetes, gangguan kardiovaskular, dan asma.

Baca juga: Hal yang Harus Dilakukan Saat Pikiran Bunuh Diri Muncul

Itu sebabnya, depresi tak bisa kita sepelekan dan harus segera ditangani dengan serius.

Pasien depresi biasanya diatasi dengan pemberian obat antidepresan. Namun, konsumsi obat tersebut memerlukan pengawasan dokter.

Selain menggunakan obat, ada berbagai alternatif untuk mengatasi depresi, salah satunya dengan terapi berenang.

Renang untuk atasi depresi

Manfaat renang untuk mengatasi depresi telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan British Medical Journal.

Meski tidak secara signifikan mengatasi depresi, berenang membantu meningkatkan suasana hati yang positif.

Itu sebabnya, para ahli menyarankan kepada mereka yang mengalami penurunan suasana hati, termasuk pasien depresi, untuk rutin melakukan olahraga renang.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X