Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berenang Bisa Jadi Metode Atasi Depresi, Kok Bisa?

KOMPAS.com - Depresi bukanlah sekadar perasaan sedih biasa. Gangguan suasana hati ini bisa menganggu aktivitas sehari-hari bahkan memicu keinginan bunuh diri.

Menurut American Psychiatric Association, depresi adalah penyakit medis umum dan serius yang memengaruhi secara negatif perasaan, cara berpikir, dan perilaku.

Depresi menyebabkan perasaan sedih atau kehilangan minat pada aktivitas yang disukai. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah emosional dan fisik yang dapat menurunkan produktifitas seseorang.

Melansir laman healthlie, depresi juga bisa memicu sejumlah penyakit kronis seperti kanker, obesitas, diabetes, gangguan kardiovaskular, dan asma.

Itu sebabnya, depresi tak bisa kita sepelekan dan harus segera ditangani dengan serius.

Pasien depresi biasanya diatasi dengan pemberian obat antidepresan. Namun, konsumsi obat tersebut memerlukan pengawasan dokter.

Selain menggunakan obat, ada berbagai alternatif untuk mengatasi depresi, salah satunya dengan terapi berenang.

Renang untuk atasi depresi

Manfaat renang untuk mengatasi depresi telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan British Medical Journal.

Meski tidak secara signifikan mengatasi depresi, berenang membantu meningkatkan suasana hati yang positif.

Itu sebabnya, para ahli menyarankan kepada mereka yang mengalami penurunan suasana hati, termasuk pasien depresi, untuk rutin melakukan olahraga renang.

Olahraga telah terbukti mempengaruhi neurotransmitter di otak yang mengontrol suasana hati, begitupula dengan aktivitas fisik berenang,.

Berenang juga mempengaruhi pertumbuhan sel saraf baru yang memungkinkan kita untuk tuk belajar dan mengingat, memperoleh keterampilan baru, dan memperbaiki cedera dalam otak kita.

Selain itu, berenang juga membantu meningkatkan produksi endorfin yang mendorong rasa bahagia.

Oleh karena itu, berenang juga mmebantu meredakan rasa cemas atau stres.

Renang sebagai bentuk mindfulness

Praktik mindfulness telah lama direkomendasikan untuk paien depresi karena hal ini membantu kita untuk fokus pada apa yang terjadi saat ini dibandingkan dengan pikiran negatif atau rasa cemas.

Selain itu, praktik mindfulness juga membantu kita untuk tetap fokus dan tenang dalam menghadapi situasi apa pun yang terjadi sehingga menjadi salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan mental.

Sementara itu, berenang juga bisa menjadi alternatif praktif mindfulness karena dapat meningkatkan kesadaran berulang dan menenangkan.

Berenang juga melibatkan gerakan seluruh otot tubuh dan pernapasan sehingga membuat badan menjadi rileks.

https://health.kompas.com/read/2020/08/02/150300668/berenang-bisa-jadi-metode-atasi-depresi-kok-bisa-

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke