9 Penyebab Gairah Seks pada Wanita Turun dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 30/08/2020, 21:02 WIB
Ilustrasi seks AntonioGuillemIlustrasi seks

KOMPAS.com – Ada beragam penyebab gairah seks pada wanita bisa turun, sehingga biasanya tidak tertarik untuk berhubungan badan dengan pasangan, termasuk melakukan masturbasi.

Memahami berbagai penyebab penurunan libido ini bisa jadi penting untuk mencegah timbulnya masalah dalam hubungan, termasuk mengatasi persoalan yang mendasarinya.

Jarang merasakan adanya hasrat seks atau merasa terganggu dengan berkurangnya fantasi seks tersebut juga bisa menjadi gejala penurunan libido pada wanita.

Baca juga: Untuk Pria, Kenali 5 Penyebab Ejakulasi Dini dan Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah ragam penyebab hasrat gairah seks wanita bisa turun yang perlu diketahui:

1. Kurang tidur

Sebuah studi pada 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa, bagi wanita, lebih banyak tidur menyebabkan tingkat hasrat seksual yang lebih tinggi dan gairah yang lebih baik keesokan harinya.

Faktanya, hanya satu jam tambahan waktu tidur dikaitkan dengan peningkatan 14 persen kemungkinan seorang wanita akan melakukan aktivitas seksual dengan pasangan.

Dengan demikian, kurang tidur dikaitkan dengan penyebab gairah seks pada wanita turun.

Jika Anda memiliki masalah denga tidur, dapat memanfaatkan memperbaiki gaya hidup atau mengonsumsi obat-obatan tertentu resep dari dokter.

2. Sedang menghadapi beberapa masalah dengan pasangan

Halaman:

Sumber WebMD,SELF
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X