Kompas.com - 31/08/2020, 09:02 WIB
Buah melon utuh yang terasa lebih berat dibandingkan yang lain artinya sudah matang. FANPOPBuah melon utuh yang terasa lebih berat dibandingkan yang lain artinya sudah matang.

KOMPAS.com – Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan kesehatan yang cukup sering menyerang orang dewasa.

Penyakit yang terjadi di organ lambung ini antara lain dapat menimbulkan nyeri ulu hati (heartburn), sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, termasuk rasa pahit dan asam muncul di pangkal tenggorokan.

Pada kasus asam lambung yang parah, penderitanya bahkan bisa mengalami sulit menelan makanan.

Baca juga: 14 Makanan Penurun Asam Urat yang Baik Dikonsumsi

Makanan untuk menurunkan asam lambung

Untuk mencegah atau meringankan gejala asam lambung, para penderita penyakit ini harus menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik.

Melansir Health Line dan WebMD, berikut ini adalah ragam makanan penurun asam lambung yang baik dikonsumsi oleh para penderita panyakit tersebut:

1. Sayuran

Sayuran secara alami mengandung rendah lemak, rendah gula, dan dapat membantu mengurangi asam lambung.

Pilihan sayuran yang bagus untuk menurunkan asam lambung antara lain yakni:

  • Brokoli
  • Asparagus
  • Kembang kol
  • Sayuran berdaun hijau
  • Kentang
  • Mentimun
  • Kacang hijau

Baca juga: 8 Manfaat Temulawak Selain Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dipercaya dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung, sakit mag, maupun masalah pencernaan lainnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X