8 Penyebab Rambut Rontok

Kompas.com - 15/09/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi pasien mengalami rambut rontok karena Covid-19, infeksi virus corona. SHUTTERSTOCK/Nalada NagawasuttamaIlustrasi pasien mengalami rambut rontok karena Covid-19, infeksi virus corona.

KOMPAS.com - Melihat rambut rontok setiap hari bagi sebagian orang adalah hal yang biasa. Ya, rata-rata kita kehilangan sekitar 80 helai rambut setiap hari.

Namun, bagaimana jika kerontokan rambut ini cukup banyak?

Tentu bayangan kebotakan seolah menjadi lebih dekat dan menakutkan.

Baca juga: Dapatkah Ketombe Menyebabkan Rambut Rontok?

Faktanya, kerontokan rambut adalah masalah yang umum dialami oleh perempuan.

Dikutip dari Cosmopolitan, penelitian menunjukkan setidaknya 1 dari 3 perempuan mengalami kerontokan dan penurunan volume rambut.

Kondisi ini tentu menyebabkan kekhawatiran tentang kebotakan. Tak jarang rambut rontok juga menyebabkan stres karena sulit sekali diatasi.

Kondisi ini juga membuat kita bertanya-tanya apa sebenarnya yang menyebabkan kerontokan rambut yang dialami.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan rambut rontok, di antaranya:

1. Keturunan

Penyebab paling umum dari kerontokan rambut adalah riwayat keluarga atau faktor keturunan/genetik. Kondisi ini disebut androgenic alopecia atau kebotakan pada pria maupun wanita.

Biasanya kondisi ini terjadi secara bertahap dan dalam pola yang dapat diprediksi.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X