8 Obat Kolesterol Alami yang Potensial Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kompas.com - 28/09/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi kolesterol tinggi ShutterstockIlustrasi kolesterol tinggi

KOMPAS.com - Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dapat meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit jantung dan stroke.

Untuk menurunkan kolesterol tinggi, dokter biasanya menyarankan penderita minum obat penurun kolesterol.

Tak hanya minum obat medis, agar kadar kolesterol tetap terkontrol seseorang juga perlu menjaga gaya hidup sehat.

Baca juga: Mengapa Kolesterol Tinggi dapat Menyebabkan Penyakit Jantung?

Sejumlah ahli menguji beberapa bahan yang tersedia di alam dan potensial digunakan sebagai obat kolesterol alami, berikut beberapa di antaranya:

1. Niasin

Melansir Healthline, niasin adalah vitamin B. Sejumlah dokter merekomendasikan penderita kolesterol tinggi dan punya masalah jantung untuk mengonsumsi niasin.

Niasin potensial menjadi obat kolesterol alami dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang bisa mengontrol kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Anda bisa mengonsumsi niasin dari bahan makanan seperti hati dan ayam. Asupan niasin yang direkomendasikan setiap hari adalah sebanyak 14 miligram untuk wanita dan 16 miligram untuk pria.

Hindari sembarangan minum suplemen niasin kecuali atas rekomendasi dokter. Konsumsi niasin sembarangan bisa menimbulkan efek samping kulit gatal, mual, dan lainnya.

Baca juga: 6 Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

2. Serat larut

Ilustrasi.FREEPIK Ilustrasi.
Obat kolesterol alami yang praktis salah satunya adalah asupan yang mengandung serat larut.

Serat larut adalah jenis serat yang dapat mencegah kolesterol terserap ke dalam aliran darah.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X