5 Makanan Sumber Vitamin D

Kompas.com - 20/10/2020, 16:34 WIB
Ilustrasi vitamin D shutterstockIlustrasi vitamin D

KOMPAS.com - Vitamin D adalah jenis vitamin larut lemak yang membantu penyerapan serta mempertahankan kalsium dan fosfor di dalam tubuh.

Fungsi vitamin D penting untuk membangun tulang agar tetap sehat dan kuat.

Selain itu, manfaat vitamin D juga terbukti mengendalikan infeksi, mengurangi peradangan, dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Baca juga: 4 Cara Efektif Mendapatkan Vitamin D, Selain Berjemur

Penelitian membuktikan, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, diabetes, kelebihan berat badan, serta depresi.

Agar kinerja tubuh berjalan optimal, setiap orang perlu membekali dirinya dengan asupan vitamin D yang cukup setiap hari.

Menurut laman resmi Harvard T.H. Chahn School of Public Health, kebutuhan vitamin D per hari bagi orang dewasa dalam kondisi sehat adalah 600 IU.

Sedangkan orang lansia di atas 70 tahun kebutuhan vitamin D per harinya sebanyak 800 IU.

Cara praktis untuk mencukupi kebutuhan vitamin D per hari bisa dilakukan dengan berjemur, cukup 10-15 menit setiap hari.

Baca juga: 13 Jenis Vitamin untuk Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat

Selain itu, zat gizi penting ini juga bisa dipenuhi dengan makan makanan sumber vitamin D. Berikut beberapa di antaranya:

1. Ikan salmon

Ilustrasi fillet ikan salmonShutterstock Ilustrasi fillet ikan salmon
Ikan salmon adalah ikan berlemak yang termasuk makanan sumber vitamin D.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X