Selain Covid-19, Apa Saja Penyebab Anosmia?

Kompas.com - 23/01/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi anosmia, kehilangan penciuman Shutterstock/VialantsinIlustrasi anosmia, kehilangan penciuman

KOMPAS.com - Anosmia atau kehilangan indera penciuman akhir-akhir ini sering diperbincangkan karena dikaitkan dengan Covid 19.

Kehilangan indra penciuman merupakan salah satu gejala Covid 19 yang sering terjadi.

Sebagian besar orang yang berhasil pulih dari Covid-19 ada yang bisa mendapatkan kembali indra penciumannya tetapi ada juga yang belum mendapatkannya kembali.

Kehilangan indra penciuman sebenarnya bisa terjadi karena berbagai penyebab, tidak selalu disebabkan oleh infeksi virus corona.

Baca juga: Cara Mudah Meminimalisir Efek Samping Vaksin Covid 19

Penyebab anosmia

Menurut ahli THT Raj Sindwani, anosmia bisa terjadi karena bawaan atau didapat. Anosmia bawaan terjadi sejak lahir, sedangkan anosmia didapat terjadi karena penyebab tertentu seperti trauma kepala.

"Trauma frontal atau trauma kepala bisa menyebabkan trauma atau cedera geser yang mengakibatkan kerusakan pada saraf penciuman,” ucap Sindwani.

Infeksi virus juga bisa menjadi penyebab umum anosmia. Virus yang menginfeksi tubuh kita bisa menyebabkan hidung tersumbat dan radang.

"Kondisi ini bisa menyebabkan pembengkakan di hidung sehingga bau atau aroma tidak sampai ke reseptor bauk yang hidup di hidung," ucapnya.

Selain itu, hilangnya indera penciuman juga bisa disebabkan oleh hal berikut:

  • penyakit parkinson
  • penuaan
  • polip hidung
  • tumor hidung atau otak.

"Apa pun yang menghalangi area reseptor bau apat mengurangi menghilangkan kemampuan indra penciuman," tutur Sindwani.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X