Kompas.com - 10/04/2021, 10:10 WIB
Ilustrasi minum kopi di pagi hari. SHUTTERSTOCK/GPOINTSTUDIOIlustrasi minum kopi di pagi hari.

KOMPAS.com - Banyak wanita khawatir mengonsumsi makanan atau minuman tertentu saat haid.

Pasalnya, sebagian makanan dan minuman bisa membuat rasa tidak nyaman seperti perut kram, kembung, sampai mual jadi semakin parah saat haid.

Lantas, bagaimana dengan minum kopi saat haid?

Baca juga: Minum Kopi Sebelum Olahraga, Bagaimana Baiknya?

Bolehkah minum kopi saat haid?

Wanita yang tidak sensitif kafein boleh minum kopi saat haid, asalnya porsinya tidak berlebihan. Cukup satu cangkir atau 300 miligram kafein per hari.

Melansir Women’s Health, manfaat minum kopi atau minuman berkafein lainnya saat haid bisa membantu mengurangi rasa lesu dan meredakan kram.

Selain itu, manfaat minum kopi lainnya yakni membantu menambah asupan antioksidan. Seperti diketahui, kopi termasuk asupan tinggi antioksidan.

Meskipun punya khasiat yang menjanjikan, wanita tanpa gangguan kesehatan dan tidak sensitif kafein jangan minum kopi berlebihan.

Hindari minum kopi lebih dari tiga cangkir per hari saat haid. Melansir Insider, efek minum kopi berlebihan saat haid justru bisa memperparah nyeri haid.

Pasalnya, terlalu banyak asupan kafein dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga kram saat haid jadi terasa lebih sakit.

Tak hanya itu, pastikan minum kopi saat haid dilakukan di pagi atau siang hari. Hindari ngopi di sore atau malam hari agar tidak mengganggu jadwal tidur di malam hari. 

Baca juga: Mudarat dan Manfaat Minum Kopi Hitam untuk Sakit Kepala

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X