Kompas.com - 09/04/2021, 16:14 WIB
Ilustrasi kista, kista ovarium ShutterstockIlustrasi kista, kista ovarium

KOMPAS.com - Kista ovarium merupakan masalah umum pada wanita yang sedang dalam masa menstruasi.

Kista ini adalah kantung berisi cairan yang terbentuk di dalam dan di ovarium.

Meski demikian, kista ovarium biasanya tidak berbahaya dan hanya menyebabkan sedikit atau tidak ada rasa sakit jika berukuran kecil.

Kista ovarium juga sering menghilang dengan sendirinya. Tetapi dalam kasus kista berukuran besar, kista tersebut dapat menyebabkan masalah seperti sakit perut, kembung, dan nyeri punggung bawah.

Kista ovarium yang berukuran besar dapat menyebabkan masalah seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) jika tidak ditangani sejak dini.

Hal ini disebabkan karena ketidakseimbangan hormon seks pada wanita.

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala ini, Anda harus mencari pertolongan medis.

Baca juga: Tanda dan Gejala Kanker Serviks

Anda juga bisa meringankan gejala dengan menerapkan pola makan sehat. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa meringankan gejala kista:

1. Makanan berserat tinggi

Makanan yang kaya serat seperti pir, jeruk, lentil, kacang polong mengandung fitokimia yang dapat menghentikan penyerapan kembali hormon estrogen dalam tubuh.

Oleh karena itu, jenis makanan tersebu dapat mengurangi risiko kanker ovarium.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X