Kompas.com - 14/04/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi Covid-19, pandemi virus corona, pandemi Covid-19. PEXELS/ANNA SHVETSIlustrasi Covid-19, pandemi virus corona, pandemi Covid-19.

KOMPAS.com - Laporan terbaru dari The Global Fund menyatakan Covid 19 telah mengganggu sistem kesehatan dan pemberian layanan kesehatan untuk HIV, TB, dan malaria secara besar-besaran di negara Afrika dan Asia pada tahun 2020.

Hal tersebut khususnya terjadi di negara-negara dengan penghasilan menengah ke bawah.

The Global Fund merupakan organisasi untuk memerangi AIDS, Tuberkulosis, dan Malaria.

Organisasi tersebut menyoroti pasokan kebutuhan darurat atau supply urgent  selama Covid-19 untuk meningkatkan langkah-langkah adaptif yang diadopsi fasilitas kesehatan untuk melanjutkan perang melawan HIV, TB, malaria.

Baca juga: Punya Masalah Pencernaan? Hindari 4 Hal Berikut saat Berpuasa

Hal itu dilakukan sebagai tanggapan dari adanya pandemi Covid-19 dan mencegah jatuhnya sistem perawatan kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peter Sands, direktur eksekutif Global Fund, mengatakan pencegahan HIV telag diabaikan sejak pandemi ini. Selain itu, penanganan kasus malaria juga mengalami penurunan.

"Kita menghadapi risiko nyata adanya peningkatan angka kematian," ucap Sands.

Menurutnya, akan ada lebih banyak banyak kematian tambahan akibat HIV, TB dan malaria pada tahun 2021 akibat gangguan yang disebabkan oleh COVID-19 pada tahun 2020.

Berdasarkan data yang tekumpul dari bulan April hingga Septemner 2020, tes HIV menurun hingga 41 persen, rujukan pasien TB pun menurun sebesar 59 persen, diagnosis malaria juga mengalami penurunan sebesar 31 persen.

Dan yang tak kalah penting adalah kunjungan perawatan antenatal yang turun hingga 43 persen.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X