Kompas.com - 04/10/2021, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Cavitis atau gigi berlubang mungkin terdengar sebagai hal yang tidak berbahaya. Namun, membiarkannya berlarut-larut tentu memicu rasa tak nyaman.

Gigi berlubang bisa menyebabkan rasa sakit luar biasa yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Lubang pada gigi biasanya muncul dalam ukuran kecil terlebih dahulu.

Jika tidak segera diatasi, lubang tersebut bisa semakin membesar dan memicu kerusakan pada gigi disertai rasa sakit yang luar biasa.

Baca juga: Ankylosing Spondylitis

Cara Mencegah Gigi Berlubang

Melansir Mayo Clinic, menjaga kebersihan mulut dan gigi yang baik dapat membantu Anda menghindari gigi berlubang dan kerusakan gigi.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mencegah gigi berlubang:

1. Sikat dengan pasta gigi berfluoride setelah makan atau minum

Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari, idealnya setelah setiap makan, menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Untuk membersihkan sela-sela gigi Anda, gunakan benang gigi atau gunakan pembersih interdental.

Setelah menggosok gigi, Anda juga bisa berkumur dengan obat kumur mengandung fluoride.

2. Kunjungi dokter gigi secara teratur

Kunjungi dokter gigi Anda secara teratur untuk mendapatkan pembersihan gigi secara profesional dan pemeriksaan mulut secara teratur.

Hal ini dapat membantu mencegah segala jenis kerusakan pada gigi. Dengan pemeriksaan rutin, Anda akan tahu di kondisi kesehatan gigi Anda, perawatan apa yang mungkin diperlukan, serta apa saja yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.