Kompas.com - 18/11/2021, 06:00 WIB
Kebiasaan tidur tengkurap bisa menjadi salah satu penyebab payudara kendur jika dilakukan terlalu sering. SHUTTERSTOCKKebiasaan tidur tengkurap bisa menjadi salah satu penyebab payudara kendur jika dilakukan terlalu sering.

KOMPAS.com - Apakah Anda sering sulit untuk memejamkan mata di malam hari? Jika jawabannya "ya", cobalah untuk mengatur suhu kamar Anda.

Menurut psikolog Michelle Drerup suhu ideal kamar tidur adalah 15 hingga 19 derajat celcius.

Pada temperatur tersebut, Anda bisa tidur dengan tenang dan kualitas tidur pun meningkat.

Pengaruh suhu dengan kualitas tidur

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah tidur, salah satunya adalah suhu. Menurut Drerup, suhu kamar yang terlalu anas atau dingin membuat kita sulit tidur.

Saat kita tidur, suhu tubuh inti tubuh kita menurun, jadi kita membutuhkan panas untuk mendapatkan kehangatan dan kenyamanan.

Sebaliknya, saat suhu terlalu panas atau lembapp, kita akan merasa gelisah dan sulit tidur.

Sebab, panas mengganggu tahap tidur REM. Saat cuaca anas, suhu tubuh akan naik sehingga proses tidur REM juga terhambat.

Baca juga: Hipertensi Pulmonal

Di sisi lain, suhu kamar yang terlalu dingin juga membuat tubuh kita akan bekerja keras untuk mencoba menghangatkan diri.

Pembuluh darah menjadi menyempit, pernapasan menjadi dangkal dan memberi tekanan ekstra pada sistem kardiovaskular kita untuk mengatur suhu tubuh kita kembali.

Seiring bertambahnya usia, tubuh kita mengalami banyak perubahan seperti terjadinya penurunan suhu tubuh dan penurunan melatonin (hormon yang dilepaskan pada malam hari yang terkait dengan kontrol tidur) dan tingkat kortisol (hormon stres).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.