Kompas.com - 10/12/2021, 15:00 WIB

KOMPAS.com- Gangguan bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrim yang mencakup emosi tinggi (mania atau hipomania) dan terendah (depresi).

Ketika berada di fase depresi, penderita bipolar bisa merasa sedih atau putus asa dan kehilangan minat atau kesenangan dalam sebagian besar aktivitas.

Ketika suasana hati Anda berubah menjadi mania atau hipomania, penderita bipolar bisa merasa euforia, penuh energi, atau sangat mudah tersinggung.

Perubahan suasana hati ini dapat memengaruhi tidur, energi, aktivitas, penilaian, perilaku, dan kemampuan berpikir jernih.

Gangguan bipolar dapat diturunkan dalam keluarga, sehingga banyak ahli percaya bahwa gen berperan dalam perkembangannya.

Pola pewarisan yang tepat dari gangguan bipolar tidak jelas, tetapi variasi dalam banyak gen kemungkinan bergabung untuk meningkatkan peluang seseorang untuk mengembangkannya.

Baca juga: Mastoiditis

Kaitan bipolar dan gen

Kita berisiko besar mengalami gangguan bipolar ketika memiliki kerabat dekat yang mengalami hal sama.

Kita juga lebih mungkin mengembangkan gangguan bipolar jika mereka memiliki kondisi kesehatan mental lain, seperti depresi atau skizofrenia.

Menurut data Medical News, risiko seseorang mengalami gangguan bipolar sebesar lima hingga 10 persen jika ada kerabat seseorang dengan kondisi tersebut.

Jika Anda memiliki saudara kembar yang menderita bipolar, risiko Anda untuk mengalami hal yang sama sebesar 40 hingga 70 persen.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.