Kompas.com - 29/12/2021, 22:01 WIB

KOMPAS.com - Ketika seseorang terdeteksi memiliki kista ginjal, salah satu kekhawatirkan penderita adalah penyakitnya berkembang menjadi kanker ginjal.

Perlu diketahui, kista ginjal adalah benjolan berupa kantong berisi cairan yang tumbuh di ginjal.

Umumnya, penyakit ini diketahui lewat pemeriksaan oleh dokter spesialis urologi atau lewat tes CT scan atau MRI.

Berikut penjelasan apakah kista ginjal ginjal bisa tumbuh menjadi kanker dan pentingnya mencegah masalah kesehatan ini.

Baca juga: Tanda Gejala Kista Ginjal dan Penyebabnya

Apakah kista ginjal bisa menjadi kanker?

Dokter spesialis onkologi Dr. dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B-Onk, M.Epid, MARS menjelaskan, sangat jarang ada kasus kista ginjal yang berkembang menjadi kanker.

“Jarang banget ada kasus kanker ginjal berasal dari kista ginjal. Hampir enggak pernah," jelasnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (14/12/2019).

Lebih lanjut Sonar menjelaskan, kista alias benjolan berisi cairan umumnya bisa tumbuh di beberapa bagian tubuh; seperti ginjal, ovarium, payudara, atau tiroid.

Terlepas dari kecilnya kemungkinan kista ginjal berkembang menjadi kanker, menurut Sonar, di beberapa kasus ada sejumlah kanker yang menyerupai kista.

"Terkadang penampilan kanker juga bisa seperti kista. Ada padat, tapi ada juga campuran (cairan) seperti kista,” jelas dia.

Senada dengan Sonar, melansir Johns Hopkins Medicine, tidak semua benjolan yang tumbuh di ginjal, termasuk tumor dan kista, bakal berkembang menjadi kanker.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.