Kompas.com - 29/12/2021, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Setiap ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang bergizi lengkap, seimbang, higienis dengan porsi yang proporsional.

Pola makan yang baik penting untuk menjaga kesehatan kehamilan serta menunjang tumbuh kembang janin yang optimal.

Berikut rekomendasi makanan yang baik dan sehat untuk ibu hamil berikut tips menyiapkan makanan yang aman untuk disantap ibu hamil.

Baca juga: 10 Vitamin dan Mineral Penting untuk Ibu Hamil

Makanan yang baik dan sehat untuk ibu hamil

Di trimester awal kehamilan, beberapa ibu hamil jamak susah mencukupi kebutuhan nutrisinya karena kerap mengalami mual dan muntah.

Setelah melewati fase morning sickness, sejumlah ibu hamil biasanya merasakan nafsu makannya melonjak.

Namun hati-hati, ibu hamil yang makan berlebihan dapat menyebabkan berat badan melonjak tak terkendali dan berisiko bagi kesehatan. Untuk itu, para ibu hamil perlu lebih cermat mengatur asupannya.

Merujuk Buku Kesehatan Ibu dan Anak, berikut rekomendasi makanan yang baik dan sehat untuk dikonsumsi ibu hamil sepanjang kehamilan:

  • Makanan pokok seperti nasi

Pada trimester awal kehamilan, ibu hamil disarankan makan nasi atau makanan pokok lainnya sebanyak lima porsi per hari. Setiap porsi karbohidrat yang dianjurkan sebanyak 100 gram atau 3/4 gelas nasi.

Sedangkan pada trimester kedua dan akhir kehamilan, ibu hamil disarankan makan nasi atau makanan pokok lainnya sebanyak enam porsi per hari.

  • Ikan, telur, ayam, daging

Di sepanjang kehamilan, ibu hamil perlu makan protein hewani seperti ikan, telur, ayam, daging, dll. sebanyak empat porsi per hari.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber NHS
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.