Kompas.com - 12/02/2022, 07:27 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

TUMOR, kista dan kanker kandungan merupakan tumor tersering pada wanita. Tumor kandungan terdiri dari tumor jinak dan tumor ganas.

Beberapa tumor jinak kandungan yang sering ditemukan adalah kista ovarium dan mioma.

Tumor ganas kandungan yang sering ditemukan diantaranya kanker serviks (leher rahim) dan kanker ovarium (indung telur).

Pada awalnya pasien tidak merasakan keluhan. Namun saat tumor, kista dan kanker kandungan tersebut sudah mulai membesar akan menimbulkan keluhan tegang atau benjolan pada perut, dan beberapa keluhan lain yang tidak spesifik seperti gangguan haid, nyeri saat berhubungan seksual.

Pemeriksaan skrining awal harus dilakukan, seperti pemeriksaan IVA dan pap smear.

Pemeriksaan skrining ini sudah tersedia di sentra kesehatan terdekat, seperti puskesmas maupun rumah sakit.

Jika pada pemeriksaan skrining didapatkan suatu tanda adanya tumor, kista atau kanker kandungan, maka pemeriksaan lanjutan perlu dilakukan.

Pemeriksaan secara menyeluruh harus dilakukan, dimulai dari pemeriksaan perabaan tumor, pemeriksaan penunjang darah, ultrasonografi, dan penunjang lain jika diperlukan.

Melalui pemeriksaan menyeluruh tersebut, dokter kandungan dapat menentukan tindakan selanjutnya, apakah pembedahan dapat dilakukan dan jenis pembedahannya.

Pembedahan dilakukan dengan mempertimbangkan banyak faktor, seperti jenis tumor, kondisi fisik umum pasien, dan kondisi mental pasien. Salah satu pilihan pembedahan yang dilakukan adalah laparoskopi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.