Kompas.com - 15/02/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Sakit tenggorokan bisa sangat tidak nyaman karena sering kali memunculkan gejala sakit saat menelan makanan.

Kondisi itu bisa diatasi dengan sejumlah bahan herbal yang telah teruji ampuh membantu mengobati sakit tenggorokan secara alami dan aman, seperti cuka sari apel dan madu.

Sehingga, orang dengan sakit tenggorokan cukup mendapatkan perawatan ala rumahan.

Lalu apa saja bahan herbal yang mampu mengobati sakit tenggorokan secara alami? Berikut ulasannya:

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

1. Madu

Ilustrasi madu dari bunga manukaDok. Shutterstock/Liga Cerina Ilustrasi madu dari bunga manuka

Mengutip Healthline, madu yang dicampur dalam teh atau diminum sendiri adalah obat alami yang umum untuk sakit tenggorokan.

Satu studi menemukan bahwa madu bahkan lebih efektif dalam meredakan batuk malam hari dari pada obat batuk biasa yang dijual di toko-toko.

Studi lainnya menunjukkan bahwa madu adalah penyembuh luka yang efektif, yang berarti dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

2. Akar marshmallow (Althaea officinalis)

Mengutip Medical News Today, orang telah menggunakan ekstrak tanaman marshmallow untuk mengobati sakit tenggorokan dan kondisi lainnya sejak zaman kuno.

Akarnya mengandung zat, seperti gelatin, yang bisa melapisi dan melumasi tenggorokan yang sakit ketika seseorang menelannya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.