Kompas.com - 12/02/2022, 21:01 WIB

KOMPAS.com - Untuk pertolongan pertama mengobati radang tenggorokan di rumah, beberapa orang mengandalkan cara alami yang minim efek samping dan praktis.

Seperti diketahui, masalah kesehatan ini kerap membuat pengidapnya merasa tidak nyaman karena tenggorokan jadi sakit, gatal, atau tak nyaman saat menelan makanan dan minuman.

Berikut beberapa cara mengobati radang tenggorokan secara alami, pantangan, dan kapan perlu berobat ke dokter.

Baca juga: 7 Obat Radang Tenggorokan Alami

Cara mengobati radang tenggorokan secara alami

Ada beberapa cara sederhana yang bisa diterapkan di rumah untuk membantu mengobati radang tenggorokan secara alami. Berikut beberapa di antaranya:

  • Minum banyak cairan

Dilansir dari Mayo Clinic, saat radang tenggorokan kambuh, upayakan untuk menjaga tenggorokan tetap lembap dengan banyak minum cairan.

Cairan membantu membersihkan selaput lendir, sehingga sirkulasi tenggorokan jadi lancar. Dengan sirkulasi lancar, infeksi sekunder seperti sinus bisa dicegah

Anda bisa minum air putih, kuah sup, minuman hangat seperti wedang jahe, atau seduhan lemon hangat.

Minuman yang hangat cenderung menenangkan bagian belakang tenggorokan. Namun, ada juga orang yang lebih cocok dengan minuman dingin. Pilih yang paling pas buat Anda.

  • Kumur dengan larutan air garam

Dilansir dari Cleveland Clinic, berkumur dengan larutan air garam juga bisa membantu mengobati radang tenggorokan secara alami.

Caranya cukup mudah. Larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan larutan tersebut, tapi jangan ditelan. Ulangi rutinitas ini setiap tiga jam sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.