Kompas.com - 07/03/2022, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Cara mencegah obesitas pada anak perlu dukungan banyak pihak untuk bahu-membahu membangun kultur gaya hidup sehat sejak dini atau si kecil lahir.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), temuan kasus obesitas pada anak di seluruh dunia melesat sampai lebih dari empat kali lipat dari medio 1975 silam.

Pada 1975, kasus obesitas pada anak dan remaja usia 5-19 tahun hanya empat persen. Persentase tersebut melonjak jadi lebih dari 18 persen pada 2016.

Baca juga: Kenali IMT (Indeks Massa Tubuh) Ciri-ciri Obesitas

Peningkatan masalah kesehatan ini tak hanya terjadi di negara maju. Negara menengah termasuk di Indonesia dan banyak negara Asia serta Afrika juga mengalami masalah sejenis.

Sebelum menyimak beberapa langkah pencegahannya, kenali dulu beberapa penyebab obesitas pada anak marak beberapa waktu terakhir.

Penyebab obesitas pada anak

Akar penyebab obesitas adalah ketidakseimbangan jumlah asupan yang dikonsumsi sebagai bahan bakar energi, dengan kalori yang dikeluarkan atau dibakar oleh tubuh.

Ada beberapa faktor yang bisa berkontribusi jadi penyebab obesitas pada anak, antara lain:

  • Pola makan yang kurang sehat di rumah
  • Marakknya penjualan asupan tinggi lemak dan gula, seperti aneka minuman manis, gorengan, makanan instan, makanan cepat saji, dll.
  • Minimnya kesempatan anak untuk beraktivitas fisik, karena tren belajar di rumah, perubahan moda transportasi jadi banyak orang bergantung pada kendaraan, anak-anak semakin jarang bermain di luar rumah, perubahan tren permainan yang kini banyak mengandalkan gawai ketimbang aktivitas fisik

Perubahan pola makan dan aktivitas fisik ini terkadang bukan hanya berangkat dari rumah.

Tapi, ada faktor perubahan lingkungan dan sosial yang melanggengkan gaya hidup tidak sehat penyebab obesitas pada anak.

Di luar itu, obesitas pada anak juga bisa disebabkan faktor genetik, hormonal, dan masalah kesehatan tertentu.

Baca juga: 12 Ciri-ciri Obesitas pada Anak, Orangtua Perlu Tahu

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.