Kompas.com - 10/03/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Saat memasuki usia remaja akhir, banyak orang berpikir bahwa gigi mereka tidak akan bisa tumbuh lagi.

Akan tetapi, gigi bungsu masih bisa tumbuh arau erupsi hingga awal masa dewasa.

Tumbuhnya gigi bungsu ini kerap memicu nyeri di rahang atas atay bawah. Selain itu, gigi bungsu yang tumbuh juga bisa memicu sensasi di bagian belakang mulut Anda.

Jaringan gusi di sekitar gigi bungsu yang erupsi sering menjadi sensitif, bengkak, dan meradang.

Baca juga: Serangan Jantung

Apakah gigi bungsu harus dicabut?

Terkadang, gigi bungsu harus dicabut untuk menjaga kebersihan mulut, terutama untuk gigi bungsu yang mengalami impaksi (terpendam di gusi).

Namun, menurut dokter gigi dari Cleveland Clinic, Nathan Janowicz, gigi bungsu erupsi dalam posisi tegak dan fungsional seringkali tidak perlu dicabut selama tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak terkait dengan pembusukan atau penyakit gusi.

Sayangnya, gigi bungsu yang tumbuh dengan tepat juga bisa menimbulkan masalah seiring waktu karena letaknya terlalu jauh di dalam mulut dan sulit dibersihkan.

"Jika gigi bungsu Anda tidak dicabut, pastikan Anda menyikat gigi dengan benar dan mengunjungi dokter gigi secara teratur," tambah Janowicz.

Gigi bungsu yang impaksi juga sering dialami banyak orang. Gigi ini terkubur, baik sebagian atau seluruhnya, di jaringan lunak atau tulang rahang sehingga rentan terhadap penyakit dan masalah lainnya.

"Masalahnya adalah Anda tidak dapat membersihkan gigi bungsu yang impaksi dengan benar, sehingga dapat mulai membusuk, dan Anda dapat memicu penyakit gusi," ucap Janowicz.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.