Kompas.com - 09/03/2022, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Gejala penyakit ginjal stadium awal pada wanita tidak boleh disepelekan.

Pasalnya, studi menunjukkan wanita termasuk kelompok yang lebih berisko terkena penyakit ginjal kronis ketimbang pria.

Perlu diketahui, ada dua jenis penyakit ginjal, yakni penyakit ginjal akut yang membuat fungsi ginjal menurun drastis mendadak untuk sementara waktu.

Baca juga: 6 Gejala Penyakit Ginjal Stadium Awal yang Pantang Diabaikan

Serta, penyakit ginjal kronis yang menyebabkan fungsi ginjal menurun secara bertahap sampai tidak berfungsi lagi atau gagal ginjal.

Sebelum masuk tahap gagal ginjal atau penyakit ginjal stadium akhir, ada beberapa ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal pada wanita yang muncul tapi tidak disadari. Simak penjelasan berikut.

Gejala penyakit ginjal stadium awal pada wanita

Ada beberapa gejala penyakit ginjal stadium awal yang pantang disepelekan, antara lain:

  • Sering lelah dan tidak bertenaga

Dilansir OnlyMyHealth, penumpukan racun di dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit ginjal. Kondisi ini di awal penyakit bisa memicu komplikasi anemia yang ditandai dengan sering lelah dan tidak bertenaga.

  • Susah tidur

Penyakit ginjal kerap membuat pengidapnya susah tidur di malah hari. Kondisi ini disebabkan proses penyaringan kotoran dan limbah di ginjal tidak berjalan optimal dan kotoran mengendap di darah.

  • Kulit kering dan gatal

Gejala penyakit ginjal stadium awal pada wanita yang khas yakni kulit kering dan gatal. Kondisi ini terjadi karena fungsi ginjal untuk menyeimbangkan mineral, nutrisi, dan cairan di dalam darah terganggu.

Baca juga: 13 Tanda-tanda Penyakit Ginjal

  • Sering kencing

Fungsi ginjal salah satunya untuk mengatur aliran urine di dalam tubuh. Ketika fungsinya terganggu, penderita penyakit ginjal bisa mengalami gangguan buang air kecil seperti sering kencing, terutama di malam hari.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.