Kompas.com - 08/04/2022, 04:35 WIB

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, semua sistem di tubuh menjadi melambat. Namun saat detak jantung ikut melambat, hal itu bisa menjadi tanda adanya bradikardia.

Bradikardia seringkali terjadi para orang yang telah berusia senja. Menurut ahli jantung Jose Baez-Escudero, kondisi ini terjadi karena adanya erusakan pada sistem kelistrikan jantung.

"Rusaknya sistem kelistrikan jantung bisa membuat ritme jantung melambat," ucapnya.

Detak jantung melambat

Detak jantung dikatakan lambat jika berada di bawah angka 60 denyut per menir (BPM).

Jika Anda menderita bradikardia, Anda akan memiliki detak jantung istirahat yang rendah di bawah 60, bahkan saat Anda bangun dan aktif,

Padahal, kisaran detak jantung normal adalah 60 hingga 100 bpm saat terjaga.

Gejala serangan jantung saat tidur, seperti nyeri dada dan muncul keringat dingin penting dikenali untuk dapat dikonsultasikan segera dengan dokter.

Bagi kebanyakan orang muda, atlet yang sangat terlatih, dan orang yang berolahraga secara teratur, detak jantung yang rendah saat berolahraga adalah normal dan sehat.

Hal yang sama berlaku untuk tidur malam Anda. Saat Anda tidur, detak jantung Anda biasanya melambat hingga 40 hingga 60 detak per menit.

Baca juga: Polusi Udara Sebabkan Kanker Paru-paru

Penyebab medis detak jantung melambat

Namun, ada beberapa kondisi medis yang membuat detak jantung melambat. Berikut kondisi medis yang membuat detak jantung melambat:

1. Kerusakan jantung

Penyebab paling umum untuk bradikardia adalah kerusakan pada alat pacu jantung alami, simpul sinus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.