Kompas.com - 07/04/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Setiap wanita mengeluarkan bau vagina yang khas dan berbeda-beda.

Namun, vagina bau tak sedap perlu diwaspadai karena bisa jadi tanda masalah kesehatan.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada kondisi ini, kenali beberapa penyebab vagina bau tak sedap pada wanita.

Baca juga: 7 Bau Vagina dan Artinya Bagi Kesehatan Reproduksi Wanita

Penyebab vagina bau tak sedap

Alasan kenapa vagina bau tak sedap bisa berasal dari penyakit sampai faktor kebersihan area intim wanita. Berikut beberapa di antaranya:

  • Infeksi bakteri

Dilansir dari Self, vaginosis bakteri atau infeksi bakteri pada vagina bisa menyebabkan area intim wanita baunya jadi tidak sedap. Kondisi ini bisa disebabkan ketidakseimbangan bakteri pada vagina.

  • Berhubungan seks tanpa kondom

Setelah berhubungan seks, sebagian cairan tubuh dan keringat pasangan yang memiliki kadar keasaman tinggi terkadang tertinggal di dalam vagina. Hal ini juga bisa menyebabkan vagina baunya jadi tidak sedap.

  • Haid

Ketika haid, bau vagina wanita cenderung sedikit menyengat. Kondisi ini normal. Karena, darah haid memiliki kadar keasaman yang tinggi dan bisa mengurangi flora alami vagina wanita.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Vagina yang Tak Sedap

  • Infeksi jamur

Infeksi jamur juga bisa menyebabkan vagina mengeluarkan bau tak sedap. Biasanya, selain bau tak sedap, gejala lain infeksi ini yakni vagina gatal dan keputihan.

  • Trikomoniasis dan gonore

Penyakit menular seksual ini memiliki gejala khas vagina baunya sangat tidak sedap atau seperti benda busuk, keputihan, vagina gatal, dan nyeri saat buang air kecil.

  • Penyakit radang panggul

Komplikasi dari penyakit menular seksual seperti trikomoniasis dan gonore yang tidak diobati bisa memicu penyakit radang panggul. Selain bau vagina tak sedap, gejala penyakit lainnya yakni sakit saat berhubungan seks dan kencing, keputihan, dan pendarahan di luar jadwal haid.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.