Kompas.com - 26/05/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Rebahan setelah makan memang terasa nikmat. Sayangnya, hal itu bisa mendatangkan gangguan pada kesehatan pencernaan kita.

Ahli gastroenterologi Peyton Berookim juga mengatakan bahwa berbaring atau tidur usai makan bisa menganggu fungsi pencernaan.

"Ketika Anda berbaring setelah makan, ada kemungkinan bahwa makanan yang baru saja Anda telan—yang telah melewati kerongkongan dan masuk ke perut Anda— akan kembali naik ke kerongkongan," ucapnya.

"Berbaring setelah makan sama saja menantang arah gravitasi alami yang mendorong pencernaan yang sehat," tambahnya.

Hal tersebut juga bisa memicu asam lambung. Dengan kata lain, aliran sistem pencernaan akan terganggu dan memicu gejala heartburn dan refluks asam.

Refluks asam juga bisa berpotensi mengiritasi saluran napas Anda dan menyebabkan batuk, yang bahkan mungkin menyerupai beberapa gejala asma ringan.

“Orang yang memiliki penyakit GERD atau kondisi seperti hernia hiatus tidak boleh berbaring terlentang setelah makan karena hal itu kemungkinan akan memperburuk ketidaknyamanan," kata Berookim.

Baca juga: Makanan untuk Penderita Kanker Ovarium

Berapa lama harus menunggu?

Jika Anda ingin berbaring atau tidur setelah makan, sebaiknya tunggu beberapa saat.

“Biasanya disarankan untuk menunggu setidaknya 30 menit setelah makan sebelum berbaring sepenuhnya,” kata Berookim.

Namun, jika Anda beristirahat dalam posisi miring, setengah tegak atau memiliki beberapa bantal untuk ditumpuk, Anda bisa segera langsung melakukannya usai makan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.