Kompas.com - 16/06/2022, 08:01 WIB

KOMPAS.com - Salah satu kekhawatiran wanita ketika siklus haid tidak teratur yakni kondisi ini termasuk tanda-tanda menopause.

Terutama bagi wanita yang sudah memasuki usia 40 tahun. Perubahan siklus haid dari yang semula teratur menjadi tidak teratur bisa cukup bikin waswas.

Berikut penjelasan lebih lanjut apakah haid tidak teratur termasuk tanda-tanda menopause dan mengenali penyebab potensial lain masalah kewanitaan ini.

Baca juga: 6 Ciri ciri Haid Menjelang Menopause

Haid tidak teratur, apakah tanda-tanda menopause?

Dilansir dari American College of Obstetricians and Gynecologists, haid tidak teratur bisa jadi tanda-tanda menopause yang paling awal muncul.

Kondisi ini lazim dialami wanita yang sudah berusia 40 tahunan yang mulai memasuki fase pra-menopause. Biasanya, wanita baru menopause di usia antara 45-55 tahun.

Memasuki pra-menopause, siklus haid wanita bisa lebih pendek dibandingkan biasanya. Artinya, wanita bisa saja haid sebulan dua kali.

Atau, perubahan siklus haid ini juga bisa membuat siklus haid lebih panjang. Dampaknya, wanita jadi tidak haid sepanjang bulan dan baru haid pada bulan berikutnya.

Selain haid tidak teratur, banyaknya darah haid yang keluar juga bisa lebih deras atau lebih sedikit dibandingkan biasanya. Terkadang, beberapa wanita juga merasakan flek di luar jadwal haid.

Baca juga: 8 Penyebab Haid Tidak Teratur pada Remaja dan Kapan Perlu Waspada

Tanda-tanda menopause, selain haid tidak teratur

Tak hanya haid tidak teratur, perubahan hormon menjelang menopause juga menimbulan perubahan fisik dan mental pada wanita.

Dilansir dari NHS, tanda-tanda menopause selain haid tidak teratur di antaranya:

Halaman:

Video Pilihan

Sumber NHS,ACOG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.