Kompas.com - 02/08/2022, 13:37 WIB

KOMPAS.com - Seorang ibu yang baru melahirkan akan melalui periode postpartum atau nifas.

Postpartum dimulai sejak bayi lahir hingga keadaan rahim kembali seperti ketika belum hamil. Periode postpartum umumnya terjadi sekitar 6 minggu atau 42 hari.

Pada masa ini, seorang ibu fokus melakukan bonding dengan sang buah hati serta memulihkan kondisi tubuhnya agar kembali bugar.

Baca juga: Postpartum Depression

Periode postpartum akan menjadi tahapan kritis bagi kesehatan fisik dan mental sang ibu. Pasalnya, ibu akan mengalami berbagai perubahan fisik dan mental ketika mengandung bayi dan mengalami stres ketika melahirkan.

Melansir Healthline, demi mendukung pemulihan diri selama masa nifas, seorang ibu disarankan melakukan beberapa hal berikut: 

1. Tidur cukup

Kebanyakan ibu yang baru melahirkan mengalami perubahan waktu tidur. Hal ini karena si kecil sering terjaga di malam dan baru tidur nyenyak saat siang.

Agar sang ibu dapat memiliki istirahat yang cukup, sebaiknya ikut tidur saat bayi terlelap. Sebisa mungkin hindari aktivitas lain yang membuat Anda kehilangan waktu tidur dan semakin lelah.

2. Mencari bantuan orang terdekat

Jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga atau teman selama masa postpartum. Pasalnya, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pulih total.

Anggota keluarga atau teman dekat dapat membantu menyiapkan makanan, membersihkan rumah, serta merawat anak-anak lain di rumah.

Baca juga: Beda Postpartum Depression dan Baby Blues, Serupa Tapi Tak Sama

3. Konsumsi makanan bergizi

Pertahankan pola makan yang sehat untuk mempercepat pemulihan. Makanan bergizi juga berguna untuk proses produksi ASI dan mengganti jaringan yang rusak.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.