Kompas.com - 31/07/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Ejakulasi dini (premature ejaculation) bisa menjadi pengalaman frustasi bagi Anda dan pasangan seksual Anda yang membuat hubungan seks kurang menyenangkan.

Mengutip Cleveland Clinic, ejakulasi dini adalah jenis disfungsi seksual yang terjadi ketika seorang pria mengalami orgasme dan melepaskan air mani lebih cepat dari yang dia atau pasangannya inginkan.

Mengutip Ro Health Guide, ejakulasi dini dapat terjadi ketika Anda sedang masturbasi atau selama bentuk aktivitas seksual lainnya, termasuk seks anal dan seks oral.

Ejakulasi dini terjadi ketika Anda ejakulasi sebelum Anda dan pasangan menginginkannya, apa pun jenis kelaminnya.

Baca juga: Ciri-ciri Ejakulasi Dini yang Perlu Diketahui

Ejakulasi dini adalah salah satu kondisi seksual pria yang paling umum, memengaruhi sekitar sepertiga pria berusia 18-59 tahun.

Umumnya tidak ada gejala dari ejakulasi dini, selain kondisi itu sendiri.

Ada dua jenis utama ejakulasi dini, yaitu:

  • Ejakulasi dini seumur hidup (primer): kasus di mana pria telah mengalami ejakulasi dini sebelum klimaks selalu atau hampir selalu sejak pengalaman seksual pertama mereka.
  • Ejakulasi dini yang didapat (sekunder): kasus di mana pria yang dulunya memiliki ereksi dan ejakulasi lebih lama tiba-tiba atau berangsur-angsur berkembang menjadi ejakulasi dini.

Jika Anda biasanya memiliki kendali saat ejakulasi dan hanya mengalami 1-2 kali ejakulasi dini, itu biasanya tidak dianggap sebagai masalah.

Baca juga: Benarkah Ejakulasi Dini Bikin Pasangan Sulit Hamil?

Penyebab

Mengutip NHS, penyebab ejakulasi dini primer sering kali bersifat psikologis, seperti memiliki pengalaman seksual yang traumatis di usia dini.

Ejakulasi dini sekunder dapat disebabkan oleh faktor psikologis dan fisik.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.