Kompas.com - 08/06/2022, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak pertengahan Mei 2022 telah menyerukan agar publik lebih waspada dengan penyakit monkeypox atau cacar monyet.

Penyakit ini kali pertama terdeteksi menyerang manusia pada 1970 silam. Bermula dari sana, cacar monyet menyebar dan sempat mewabah ke sejumlah wilayah di sekitarnya.

Pada Juni 2022, penyakit ini ditemukan menjangkiti seribuan warga sedikitnya di 20 negara di benua Eropa, AS, sampai Australia.

Untuk mengenal lebih jauh tentang penyakit ini, ketahui penyebab cacar monyet sampai penularannya berikut.

Baca juga: Kenali Apa itu Cacar Monyet, Asal-usul, dan Gejalanya

Penyebab cacar monyet

Dilansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), penyebab cacar monyet atau monkeypox adalah infeksi virus cacar monyet. Virus ini termasuk dalam genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae.

Perlu diketahui, genus Orthopoxvirus termasuk virus variola (penyebab cacar), virus vaccinia (virus yang dilemahkan untuk pembuatan vaksin cacar), dan virus penyebab cacar sapi.

Virus cacar monyet kali pertama teridentifikasi pada 1958 silam. Penyakit ini mulanya menyerang monyet yang digunakan untuk penelitian.

Lalu, pada 1970 penyakit cacar monyet diketahui dapat menyerang manusia. Kala itu penyebaran penyakit masih berkutat di beberapa negara Afrika barat.

Selang beberapa waktu seiring jamaknya perjalanan internasional dan impor hewan, penyakit ini juga menjangkiti warga di AS, Israel, Singapura, Inggris, dll.

Hingga kini, para ahli belum mengetahui dengan pasti jenis inang virus cacar monyet. Namun, hewan pengerat dan monyet bisa jadi tempat hidup virus cacar monyet dan menginfeksi manusia.

Baca juga: Fakta tentang Cacar Monyet: Cara Penularan, Masa Inkubasi, dan Gejala

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.