Kompas.com - 05/08/2022, 16:33 WIB

KOMPAS.com - Konsumsi sayuran yang bernutrisi akan sangat baik untuk kesehatan dan juga berfungsi untuk meningkatkan energi.

Menurut Alina Petre, MS, RD (NL) yang dimuat di Healthline pada tahun 2017, mengatakan bahwa mengonsumsi sayuran setiap hari sangatlah penting untuk kesehatan.

Dia juga menambahkan bahwa mengonsumsi sayur bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan berbagai jenis kanker.

Sayangnya, nutrisi yang terkandung di dalam sayuran bisa hilang ketika mengolahnya dengan metode tertentu, termasuk dengan merebusnya. Berikut faktanya.

Baca juga: Benarkah Konsumsi Telur Rebus Bikin Gemuk?

Mengurangi kandungan vitamin C

Merebus sayuran adalah salah satu metode memasak yang menggunakan media air.

Sayuran merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik untuk tubuh, namun air yang digunakan untuk merebus sayuran bisa menghilangkan vitamin C yang terkandung oleh sayuran.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli dari Universitas Zhejiang yang dimuat pada Journal of Zhejiang University Science B pada tahun 2009, menemukan bahwa merebus brokoli bisa menghilangkan nutrisi yang dikandungnya.

Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa kandungan klorofil, protein dan gula larut air, vitamin C dan glukosinolat pada brokoli akan hilang.

Penelitian lain juga dilakukan oleh Chuli Zeng yang berasal dari SMA Woodbridge dan penelitiannya tersebut dimuat dalam Nutrition & Food Science Journal pada tahun 2013.

Dari penelitiannya tersebut ditemukan bahwa brokoli, kol, dan bayam yang direbus kehilangan vitamin C hingga lebih dari 40 persen.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.